Mengetahui eth0 atau eth1 di debian dan turunannya (mii-tool)

Assalamualaikum Wr.Wb

dikesempatan saya kali ini saya akan mencoba menjelasakan bagaimana cara mengetahui mana interface yang eth0 mana yang eth1, secara default biasanya NIC yang terpasang di motherboard mendapat nama eth0, akan tetapi saya mendapat kasus bahwa yang mendapat eth0 merupakan NIC yang eksternal, oleh karena itu saya akan mencoba membagikan langkah-langkahnya
cara nya cukup mudah tinggal ketik di terminal
mii-tool

setelah itu untuk mengetahui NIC mana yang mendapat nama eth0, eth1, caranya coba cabut kabel Lan yang terhubung ke NIC onboard (bawaan motherboard), dan ketikkan lagi 
mii-tool
 setelah kita mencabut kabel Lan yang menancap di NIC onboard ternyata "eth1 ........ NO link"
itu berarti NIC onboard mendapat nama ETH1 , dan NIC eksternal mendapat nama eth0

dari sini dapat dipastikan "NIC Onboard belum tentu mendapat nama eth0 "

Sekian saja tutorial saya pada pagi hari ini

Wassalamualaikum Wr.Wb

Previous
Next Post »
Thanks for your comment