mengaktifkan fungsi tab di debian 8 (bash completion)

Assalamualaikum Wr.Wb

dikesempatan saya kali ini saya akan mencoba membagikan cara mengaktifkan fungsi tab di debian 8 (bash completion),
pada fitur terbaru di debian 8, untuk sebuah alasan keamanan maka fungsi bash completion dinonaktifkan secara default sebagai bentuk dari keamanan system itu sendiri, sehingga kita tidak akan mudah menebak isi dari file atau perintah, karena kita tidak bisa men TAB. dan ditutorial saya kali ini akan mengaktifkan kembali fungsi tab pada debian8

langsung ke tutorial

  1. masuk super user
  2. edit pada bagian "/etc/bash.bashrc", dengan cara
    nano /etc/bash.bash.bashrc
    nano /etc/bash.bash.bashrc
  3. kemudian cari pada bagian "#enable bash completion in interactive shells"
    "#enable bash completion in interactive shells"
  4. dibawahnya, buang tanda # sehingga seperti digambar
    sehingga seperti digambar
  5. lalu jangan lupa save, dan restart bash nya dengan mengetikkan
    bash
  6. sekarang cek apakah fitur bash completionnya sudah aktif atau belum, disini saya coba ketikkan nano /etc/pro lalu saya tab, muncul beberapa pilihan, itu berarti bash nya sudah aktif
    itu berarti bash nya sudah aktif
Sekian postingan saya

Wassalamualaikum Wr.Wb

Previous
Next Post »
Thanks for your comment