share koneksi linux ke virtual box menggunakan Nat

Assalamualaikum Wr.Wb

pada kesempatan yang baik ini, saya akan mencoba melakukan tutorial bagaimana cara melakukan sharing koneksi dari linux saya ke linux yang berada di virtual box, dalam hal ini saya menggunakan NAT untuk membagi koneksi dari wifi.

hal ini bermula saat saya sedang mendalami konfigurasi debian server, dan ternyata didalam pikiran saya muncul bagaimana ya, cara agar debian di virtual box saya mendapatkan koneksi???
simak tutorial berikut...
  1. pertama laptop/komputer kita harus konek ke internet, baik itu wifi, lan ataupun modem
  2. setting di virtual box dengan adapter 1 ke NAT

  3. lalu adapter 2 menuju ke vboxnet

  4. setelah laptop kita konek ke internet, buka debian yang ada di virtualbox

  5. sebelumnya antara laptop dan debian tersebut harus bisa saling terkoneksi ya...


  6. selanjutnya di laptop, beri NAT agar koneksi bisa masuk ke debian, dengan mengetikkan
    iptables --t nat -A POSTROUTING --o wlan0 --j MASQUERADE


  7. disini wlan0 adalah interface yang terkoneksi ke internet

  8. lalu masuk ke
    nano /etc/rc.local


  9. ketikkan di paling bawah sesuai NAT tadi, agar setelah reboot pengaturannya tidak hilang


  10. setelah pengaturan di laptop selesai, saatnya pindah ke debian virtualboxnya, pertama debian tersebut harus edit resolvnya
    nano /etc/resolv.conf

  11. isi dengan DNS isp yang disediakan


  12. selanjunya coba ping google, jika sudah TTl berarti Conect


  13. untuk uji coba saja, ganti repository di debian


  14. lalu update
    apt-get update


  15. jika sudah berjalan update nya berarti NAT nya sudah berjalan :-)

    Saya kira cukup itu saja tutorial pada hari ini apabila ada salah ketik mohon dimaafkan

Wassalamualaikum Wr.Wb

Previous
Next Post »
Thanks for your comment